Liburan Sekolah Bersama Keluarga, Main dan Jadi Hebat di LEGO® Playground - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Liburan Sekolah Bersama Keluarga, Main dan Jadi Hebat di LEGO® Playground
Jul 9th 2025, 10:57 by kumparanMOM

Jerome Polin, LEGO Play Champion, dan Mulyana 'Mang Moel', LEGO Playmaker, berfoto bersama maskot LEGO® dalam acara LEGO Playground di Gandaria City Mall, Jakarta. Foto: Dok. LEGO
Jerome Polin, LEGO Play Champion, dan Mulyana 'Mang Moel', LEGO Playmaker, berfoto bersama maskot LEGO® dalam acara LEGO Playground di Gandaria City Mall, Jakarta. Foto: Dok. LEGO

LEGO® Group di musim libur sekolah hadir dengan kampanye baru di Indonesia, LEGO Playground, yang mengangkat tema "Main dan Jadi Hebat" (Play Builds You). Kampanye ini juga hadir dengan pengalaman bermain interaktif seru di Gandaria City Mall, Jakarta, mulai 13 Juni hingga akhir Juli 2025.

Kampanye ini mengajak keluarga Indonesia untuk bermain dan menemukan manfaat transformatif dari bermain, yang membantu proses tumbuh kembang anak-anak dalam mempersiapkan mereka menghadapi masa depan.

LEGO Playground membawa pesan "Main dan Jadi Hebat" yang menegaskan bermain sangat penting untuk memberikan pengalaman belajar pada anak. Kampanye ini juga bertujuan untuk mengubah persepsi masyarakat bahwa bermain bukanlah sekadar aktivitas, tetapi bermain sebagai aspek penting untuk perkembangan keterampilan anak. Kampanye ini diluncurkan secara nasional di seluruh LEGO Certified Store di Indonesia.

"LEGO Group berkomitmen memberdayakan anak-anak dalam membentuk dunia mereka melalui kreativitas dan imajinasi. Kampanye LEGO Playground diadakan berdasarkan LEGO Play Well Report, yang telah dirangkum untuk memperdalam pemahaman kami bagaimana kegiatan bermain yang berkualitas memberikan manfaat signifikan bagi anak dan keluarga," kata Marketing Director, India and Emerging Asia Markets, The LEGO Group, Rohan Mathur.

Berdasarkan Laporan LEGO Play Well 2024, 98 persen orang tua Indonesia percaya bermain dapat memperkuat hubungan keluarga dan berkontribusi pada kebahagiaan secara keseluruhan.

Selain itu, orang tua telah mengidentifikasi keterampilan yang penting bagi keberhasilan anak-anak mereka: kepercayaan diri (39 persen), komunikasi (32 persen), kreativitas (29 persen), ketahanan (27 persen), dan pemecahan masalah (26 persen). Dengan memprioritaskan bermain, Anda dapat mengembangkan keterampilan tersebut dan mempersiapkan anak-anak dengan lebih baik untuk menghadapi masa depan yang lebih dinamis.

Namun, kenyataannya masih ada kesenjangan dalam praktiknya. Sebanyak 98 persen orang tua berharap mereka dapat lebih banyak bermain sebagai keluarga, dan 89 persen anak-anak mengatakan mereka ingin lebih banyak bermain, menekankan pentingnya waktu bermain yang lebih bermakna, dan berkualitas di kehidupan sehari-hari.

Berbagai Kegiatan Menarik di LEGO Playground

Keseruan anak-anak saat bermain dan berkreasi di area Free Play dalam rangkaian acara LEGO Playground di Gandaria City Mall. Foto: Dok. LEGO
Keseruan anak-anak saat bermain dan berkreasi di area Free Play dalam rangkaian acara LEGO Playground di Gandaria City Mall. Foto: Dok. LEGO

Melihat ini, LEGO Group mengambil inisiatif dalam menghadirkan kampanye LEGO Playground dan pengalaman bermain dengan beragam aktivitas interaktif seru yang dirancang untuk menunjukkan bagaimana bermain dapat menjadi kegiatan untuk membangun keterampilan anak secara nyata.

Beberapa kegiatan menarik dan menyenangkan yang dapat diikuti antara lain:

  • Launch-O-Rama: Membuat ketapel dari LEGO bricks dan luncurkan objek ke zona poin. Tantangan cepat ini mengasah kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah.

  • Slam Dunkinator: Menyelesaikan rintangan dengan melengkapi komponen yang hilang. Kegiatan ini memperkuat logika dan inovasi, dirancang untuk pemecahan masalah.

  • Hat Trick Hustle: Menghiasi topi LEGO versimu dan dapat dipakai saat melewati jalur rintangan. Mendorong kreativitas dan koordinasi fisik.

  • Build Relay: Bekerja sama untuk membangun dan memodifikasi kendaraan LEGO bricks dalam lomba estafet waktu. Melatih kolaborasi, adaptasi, dan kecepatan berpikir.

  • Bricklifter Challenge: Merancang LEGO bricks yang bisa menahan beban. Menguji ketangguhan dan kreativitas untuk memecahkan masalah

Kehadiran LEGO Playground ini mendapat apresiasi dari Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Pemenuhan Hak Anak Wilayah III Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Rr. Endah Sri Rejeki. Apalagi, kegiatan ini hadir bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap bulan Juli.

"Tema dari kampanye LEGO Playground, yakni 'Main dan Jadi Hebat' juga selaras dengan tema utama HAN yaitu 'Anak Hebat, Indonesia Kuat Menuju Indonesia Emas 2045'. Kita berharap, dengan bermain, anak-anak indonesia bisa belajar banyak hal, yaitu kreativitas, problem solving dan kepercayaan diri yang juga meningkat, sehingga akan membantu proses tumbuh kembangnya secara optimal. Hal ini sekaligus akan membantu mengembangkan keterampilan hidup anak kelak untuk menjadi hebat di masa depan. Melalui bermain, orang tua juga dapat meningkatkan kualitas pengasuhan dan kelekatan yang sangat dibutuhkan anak. Oleh karena itu, kami berharap semakin banyak lagi kolaborasi dan kegiatan berkelanjutan yang menekankan pentingnya pemenuhan hak anak untuk bermain sambil belajar," jelas Endah.

LEGO Group juga menginisiasi Hari Bermain Sedunia (World Play Day) setiap 11 Juni untuk mengingatkan pentingnya bermain bagi semua kalangan.

Tokoh-tokoh Inspiratif

Mulyana 'Mang Moel', seniman tekstil sekaligus LEGO® Playmaker; Rr. Endah Sri Rejeki, Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak, Kementerian PPPA; dan Jerome Polin, kreator konten sekaligus LEGO® Play Champion. Dok.LEGO
Mulyana 'Mang Moel', seniman tekstil sekaligus LEGO® Playmaker; Rr. Endah Sri Rejeki, Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak, Kementerian PPPA; dan Jerome Polin, kreator konten sekaligus LEGO® Play Champion. Dok.LEGO

Tahun ini, LEGO Group dengan bangga memperkenalkan Mulyana 'Mang Moel' sebagai LEGO Playmaker pertama dari Indonesia, sosok inspiratif yang kisah hidupnya menggambarkan manfaat transformatif dari bermain.

Sebagai seniman tekstil dan serat yang terkenal, Mulyana 'Mang Moel' menciptakan instalasi modular yang rumit menggunakan benang dan kain. Melalui eksplorasi selama bertahun-tahun, ia telah mengembangkan pemikiran kreatif dan ketangguhan luar biasa, keterampilan yang menentukan perjalanan artistik dan profesionalnya.

Dalam rangka merayakan World Play Day 2025, Mulyana 'Mang Moel' akan menghadirkan instalasi spesial bertema Monster Gurita di Shanghai, sebuah ruang bermain imajinatif yang dirancang khusus untuk anak-anak. Instalasi ini mengajak mereka untuk berekspresi, berkreasi, dan bermain tanpa batas, sekaligus menjadi perwujudan nyata dari semangat 'Main dan Jadi Hebat'.

Untuk lebih memperkuat pentingnya bermain, khususnya di Indonesia, LEGO Group berkolaborasi dengan tiga sosok inspiratif lainnya yang mewujudkan semangat dan nilai-nilai membangun dengan LEGO bricks. Ketiganya ditunjuk sebagai Play Champions, masing-masing mewakili salah satu keterampilan hidup yang menjadi inti utama dari "Main dan Jadi Hebat"—pemecahan masalah, berpikir kreatif, dan ketangguhan.

Mereka membuat serial video yang membagikan kisah pribadi inspiratif yang dibentuk dari keajaiban bermain LEGO bricks, video ini bertujuan untuk mengajak anak-anak di seluruh Indonesia untuk belajar melalui kreativitas, kegigihan, dan imajinasi.

  • Jerome Polin, YouTuber dan edukator, yang mewakili keterampilan pemecahan masalah. Melalui konten edukatif dan tutorial matematika menarik, Jerome menunjukkan bagaimana berpikir analitis dan konsistensi dapat membawa kesuksesan.

  • Liunic (Martcelia Liunic), ilustrator dan art director yang dikenal dengan gaya penuh warna dan imajinasi, mewakili keterampilan berpikir kreatif. Karyanya telah menginspirasi kreator muda untuk berekspresi dengan percaya diri dan berani mencoba hal baru.

  • Ryan Adriandhy, sutradara film animasi sukses "Jumbo", mewakili keterampilan ketangguhan. Perjalanannya selama lima tahun dalam mewujudkan film tersebut adalah bukti bahwa ketekunan dan pembelajaran dari kegagalan adalah kunci untuk meraih mimpi besar.

Dengan perspektif unik mereka, para Play Champions menghidupkan pesan kampanye yang menunjukkan bahwa bermain tidak hanya seru, tapi juga membangun keterampilan, karakter, semangat dan tujuan.

Melalui momentum ini, The LEGO Group mengajak anak-anak di seluruh Indonesia untuk mengekspresikan kreativitas dan imajinasi mereka dengan bermain yang lebih bermakna, serta mengajak orang tua untuk membagikan kreasi anak-anak mereka untuk menginspirasi lebih banyak orang untuk bermain melalui sosial media dan menggunakan tagar #MaindanJadiHebat serta tag akun @LEGOindonesia_official.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post