Niat Mandi Idul Fitri untuk Mensucikan Tubuh Sebelum Hari Raya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Niat Mandi Idul Fitri untuk Mensucikan Tubuh Sebelum Hari Raya
Apr 2nd 2024, 19:51, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Niat Mandi Idul Fitri. Foto: dok. Unsplash/Tony Mucci
Ilustrasi Niat Mandi Idul Fitri. Foto: dok. Unsplash/Tony Mucci

Niat mandi Idul Fitri termasuk amalan yang penting untuk ditunaikan untuk mengerjakan mandi wajib sebelum hari raya Idulfitri. Dengan mengerjakan niat, mandi wajib yang ditunaikan sebelum Hari Raya Idulfitri dapat bernilai sah.

Amalan mandi wajib atau mandi junub sebelum salat Idulfitri termasuk salah satu amalan sunah yang dianjurkan. Dengan begitu, pahala yang diperoleh menjadi lebih maksimal.

Niat Mandi Idul Fitri Lengkap dengan Latin dan Artinya

Ilustrasi Niat Mandi Idul Fitri. Foto: dok. Unsplash/Nathan Dumlao
Ilustrasi Niat Mandi Idul Fitri. Foto: dok. Unsplash/Nathan Dumlao

Dikutip dari dalam buku berjudul Meyakini, Menghargai: Ensiklopedia Mengenal Lebih Dekat Ragam Agama dan Kepercayaan di Indonesia, Ibn Ghifarie (2018:20), umat Islam memiliki dua hari raya, yaitu Hari Raya Idulfitri atau yang biasa disebut Lebaran dan Hari Raya Idul Adha atau disebut juga Hari Raya Kurban.

Masing-masing peringatan hari raya Islam tersebut ditentukan berdasarkan perhitungan kalender Islam atau yang juga dikenal sebagai kalender hijriyah. Dalam hari raya ini, umat muslim dianjurkan untuk mengerjakan amalan tertentu, termasuk mandi wajib dengan niat untuk mensucikan tubuh sebelum hari raya.

Mandi sebelum salat Idulfitri ini dianjurkan untuk ditunaikan agar tubuh bersih dari segala najis dan kotoran yang menempel pada tubuh. Sunah menunaikan mandi sebelum salat Idulfitri ini disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan dari Ibnu 'Umar radhiyallahu 'anhuma yang berbunyi:.

عَنْ نَافِعٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ قَبْلَ أَنْ يَغْدُوَ إِلَى الْمُصَلَّى
Artinya: Dari Nafi', (ia berkata bahwa) 'Abdullah bin 'Umar biasa mandi di hari Idul Fitri sebelum ia berangkat pagi-pagi ke tanah lapang. (HR. Malik)

Agar mandi salat Idulfitri mendapatkan pahala yang maksimal, umat muslim perlu menunaikan niat mandi Idul Fitri yang umum dibaca oleh umat Islam. Untuk memudahkan umat muslim mengamalkannya, berikut ini bacaan niat mandi wajib sebelum Idulfitri yang disajikan lengkap dengan latin dan artinya:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِعِيْدِ اْلفِطْرِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى
Nawaitul ghusla li 'idil fithri sunnatan lillahi ta'ala
Artinya: Aku niat mandi untuk merayakan Idul Fitri sebagai sunah karena Allah taa'la.

Baca juga: Jalani Ramadan dengan Semangat Terus Jadi Baik bersama kumparan

Penjelasan mengenai niat mandi Idul Fitri yang disajikan lengkap dengan latin dan artinya. Semoga bermanfaat. (DAP)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post