Malas Cuci Motor Bisa Bikin Shockbreaker Rusak, Apa Sebabnya? - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Malas Cuci Motor Bisa Bikin Shockbreaker Rusak, Apa Sebabnya?
Apr 1st 2024, 09:30, by Fitra Andrianto, kumparanOTO

Ilustrasi shockbreaker rusak. Foto: Shutterstock
Ilustrasi shockbreaker rusak. Foto: Shutterstock

Memiliki sepeda motor harus senantiasa menjaga kondisinya dalam keadaan bersih. Selain untuk kenyamanan saat ditunggangi, kepuasan batin saat mengendarainya, juga menghindari kerusakan komponen.

Debu dan cipratan lumpur yang menempel di bagian motor, dan tak langsung dibersihkan, bisa mempengaruhi performa hingga merusak beberapa bagian komponen di sepeda motor.

Menurut Agil, mekanik dari bengkel Art'nSpeed di kawasan Depok, Jawa Barat, kondisi motor yang kotor bisa merusak bagian seal shockbreaker baik bagian depan maupun belakang. Bila malas mencuci, paling tidak pastikan bagian seal tersebut dibersihkan dari kotoran yang menempel.

Ilustrasi shockbreaker kotor. Foto: Shutterstock
Ilustrasi shockbreaker kotor. Foto: Shutterstock

"Biar debu halus enggak masuk ke as shockbreaker. Kalau debu sudah masuk ke seal as shock, biasanya bikin shock breaker baret dan bocor," jelas Agil saat ditemui kumparan beberapa waktu lalu.

Selain shock breaker Agil juga menjabarkan kotoran yang menempel di motor bisa mempengaruhi sektor pengereman, khususnya di bagian kaliper.

Ilustrasi kaliper motor. Foto: Shutterstock
Ilustrasi kaliper motor. Foto: Shutterstock

"Debu yang menumpuk di bagian kaliper akan mengganggu kinerja piston di bagian dalam kaliper. Jika diabaikan minyak rem akan sulit mendorong piston yang mengurangi pengereman saat tuas rem ditarik" tambah Agil.

Solusinya saat servis motor ada baiknya sektor pengereman juga dicek dan dibersihkan dari debu agar kinerja piston tetap normal dan masa pakainya bisa panjang.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post