Apr 9th 2024, 20:30, by Sinar Utami, kumparanBISNIS
PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah melakukan pengembalian barang temuan sebanyak 132 barang kepada pemiliknya dengan estimasi nilai sebesar Rp 793.475.000. Nilai tersebut terhitung dari 31 Maret sampai 8 April 2024.
VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan, jenis barang tersebut di antaranya Laptop, HP, Tablet, Smartwatch, Dompet, makanan dan lain-lain.
"Pada masa peak season khususnya di momen Angkutan Lebaran ini memang volume penumpang meningkat drastis, sehingga kami imbau sekali lagi agar pelanggan tidak lengah," kata Joni dalam keterangan resmi, Selasa (8/4).
"Kami juga mengingatkan agar para pelanggan membawa barang secukupnya dan usahakan dalam satu tempat, misalnya koper atau ransel," katanya.
Joni menyatakan bahwa barang bawaan sejatinya menjadi tanggung jawab penumpang sendiri. KAI memang menyediakan berbagai fasilitas keamanan yang memadai, namun itu tidak seharusnya menjadikan penumpang lengah.
"Meskipun tingkat keamanan yang diberikan KAI sudah baik, penumpang harus tetap waspada dan fokus dalam menjaga barang bawaannya," katanya.
Bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam kereta api atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain Kondektur yang sedang berdinas di atas KA, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.