Australia Umumkan Idul Fitri Jatuh pada Rabu, 10 April 2024 - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Australia Umumkan Idul Fitri Jatuh pada Rabu, 10 April 2024
Apr 8th 2024, 23:02, by Nurul Hidayati, kumparanNEWS

Masjid Raya Melbourne, Australia Foto: Dok melbournegrandmosque.com.au
Masjid Raya Melbourne, Australia Foto: Dok melbournegrandmosque.com.au

Bulan suci Ramadan telah memasuki penghujung hari. Dewan Fatwa Australia mengumumkan bahwa hari Rabu, 10 April 2024 akan menjadi hari pertama Idul Fitri 1 Syawal 1445 H.

Pengumuman ini dirilis menyusul hilal Syawal yang belum terlihat di Australia pada Senin (8/4) petang ini berdasarkan keterangan dari observatorium lokal dan global.

Dijelaskan, hilal di Sydney baru akan lahir pada Selasa (9/4) pukul 04.20 AEST, sedangkan di Perth hilal lahir pada hari yang sama pukul 02.20 AEST.

"Oleh karena itu, Selasa, 9 April 2024, akan menjadi hari terakhir bulan Ramadan 1445 H," kata Dewan Fatwa Australia, dikutip dari Khaleej Times.

"Hari Idul Fitri akan jatuh pada hari Rabu, 10 April sekaligus hari pertama bulan Syawal 1445 H," sambungnya.

Pengamatan hilal Syawal 1443 H di Tamir, Arab Saudi, oleh astronom dari Majmaah University, Sabtu (30/4/2022). Foto: Twitter/@umajmaah
Pengamatan hilal Syawal 1443 H di Tamir, Arab Saudi, oleh astronom dari Majmaah University, Sabtu (30/4/2022). Foto: Twitter/@umajmaah

Timur Tengah dan Indonesia

Negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab juga mengamati hilal pada Senin petang waktu setempat atau Senin malam WIB. Jika hilal terlihat, maka Idul Fitri jatuh Selasa besok. Namun jika tak tampak, maka Idul Fitri jatuh Rabu.

Sejauh ini, ahli astronomi menyebut bahwa kecil kemungkinan hilal akan terlihat di Arab Saudi pada hari ini, sehingga Selasa menjadi hari terakhir Ramadan, dan Idul Fitri jatuh hari Rabu, 10 April.

Sementara itu, Indonesia bersama negara-negara tetangga seperti Singapura, Brunei, dan Malaysia, akan melakukan pengamatan hilal pada Selasa (9/4) besok. Prediksi BRIN dan BMKG, Idul Fitri akan jatuh Rabu (10/4).

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post