121 Ribu Kendaraan Melintas di Jalur Puncak pada H+3 Lebaran

Kondisi lalu lintas menuju Puncak terpantau padat sejak pagi, Sabtu (13/4/2024). Foto: kumparan
Kondisi lalu lintas menuju Puncak terpantau padat sejak pagi, Sabtu (13/4/2024). Foto: kumparan

Arus lalu lintas di kawasan Wisata Puncak mengalami peningkatan yang sangat signifikan, Sabtu (14/3) atau H+3 Lebaran. Jumlahnya mencapai 121 ribu kendaraan.

Wadirlantas Polda Jabar AKBP Edwin Afandi menyebut itu merupakan gabungan kendaraan arus balik yang menuju Jakarta dan wisatawan dari Jakarta ke Puncak. Rinciannya 56 ribu kendaraan menuju Puncak dan 65 ribu kendaraan menuju Jakarta.

"Arus lalu lintas ini kami sinyalir merupakan penggabungan arus lalu lintas antara kendaraan yang berwisata di Puncak dan kendaraan yang akan kembali dari Cianjur-Sukabumi dan sekitarnya yang melintas di Kawasan wisata puncak," kata Edwin, Sabtu (13/4).

Kendaraan yang melintas di Puncak didominasi sepeda motor. Jumlahnya mencapai 92 ribu, rinciannya 44 ribu ke arah Puncak dan 48 ribu ke arah Jakarta.

"Rekan-rekan mungkin bisa melihat kondisi kepadatan roda dua yang berada di puncak. Ini merupakan lonjakan yang sangat luar biasa, aktifitas roda dua di kawasan Puncak," pungkas Edwin.

Polisi sempat menerapkan one way arah Jakarta untuk mengurai kemacetan akibat tingginya volume lalu lintas pada Sabtu (13/4). Lonjakan jumah kendaraan yang melintas di jalur Puncak diperkirakan akan kembali terjadi pada Minggu (14/4) sebab arus balik ke arah Jakarta diprediksi lebih banyak.

Polisi akan memprioritaskan arus balik. Maka itu wisatawan diminta untuk tidak pergi ke Puncak.

"Kami imbauan untuk mempertimbangkan kembali datang ke Puncak, karena situasi kepadatan sudah terjadi di jalur Puncak sendiri jadi untuk berwisata gunakan lain hari," pungkas Edwin.

Next Post Previous Post