Pengamat aviasi senior, Gerry Soejatman, menilai bahwa salah satu maskapaiIndonesia, Pelita Air perlahan-lahan tapi pasti mulai memperlihatkan kinerja yang cukup menggembirakan. Salah satu yang mencolok adalah soal ketepatan Waktu.
Gerry mengatakan bahwa di saat maskapai lain berjuang keras mempertahankan performa on-time, Pelita Air justru mampu konsisten berada di posisi teratas.
"Focus core value mereka apa? Ya itu, reliability, on time. Itu pun on time nggak bisa 100 persen, tapi jujur ya, ini cukup ajaib Pelita Air bisa terus number 1, di saat yang lain struggling banget buat bisa catch up," ujar Gerry.
Lebih lanjut, Gerry mengatakan bahwa Pelita Air bukanlah pendatang baru dengan manajemen instan. Justru dari awal mereka disiapkan dengan pengalaman panjang dari para profesional, yang sudah kenyang menghadapi tantangan dunia aviasi.
"Kalau saya lihat, Pelita Air memang di-set-up dari awalnya mungkin sudah memikirkan dari pengalaman–pengalaman manajemennya. Bukan manajemen yang baru lahir kemarin. Mereka belajar dari kendala-kendala yang mereka hadapi zaman dulu, sebelum mereka bergabung di Pelita Air," jelas Gerry.
"Dan mereka spend waktu yang cukup untuk mengantisipasi dan melihat sistem apa yang harus mereka punya dari support systemsetup, prosedurnya, hingga policy-nya. Jadi, saya rasa itu yang sangat membantu mereka," tambahnya.
Namun, untuk terus tumbuh dan membuka rute internasional, menurut Gerry, Pelita Air perlu memperkuat eksposur merek mereka di pasar global.
"Justru WNA (warga negara asing) yang terbang dan tahu Pelita Air itu, kan WNA yang tinggal di Indonesia. Jadi, mungkin kalau mau ekspansi ke luar negeri juga harus dipikirkan bagaimana secara efektif dan bisa exposure ke brand-nya mereka," ujar Gerry.
Meskipun begitu, Gerry optimis terhadap masa depan Pelita Air, selama mereka tetap menjaga prinsip-prinsip dasar yang selama ini menjadi kekuatan mereka.
"Selama Pelita Air tetap memegang basic principle mereka, manajemen principle mereka, operational principle mereka, apa yang menjadi core untuk customer mereka. Mereka bisa banget untuk mengembangkan sayapnya ke mana pun," pungkasnya.