Ilustrasi KI KD SKI Kelas 6 Semester 2, SUmber: Unsplash/Patrick Tomasso
(KI) Kompetensi Inti dan (KD) Kompetensi Dasar ialah elemen penting yang berkaitan dengan seberapa jauh siswa mampu memenuhi Standar Kompetensi Lulusan. Jadi, memahami KI KD SKI Kelas 6 Semester 2 adalah langkah krusial yang perlu dilakukan.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar adalah dua kemampuan esensial yang perlu dimiliki individu agar dapat melakukan tugasnya dengan efektif. Dengan begitu, tujuan pembelajaran akan mudah tercapai.
Informasi Mengenai KI KD SKI Kelas 6 Semester 2 sebagai Referensi Penyusunan Pembelajaran
Ilustrasi KI KD SKI Kelas 6 Semester 2, SUmber: Unsplash/Kimberly Farmer
Dalam materi SKI atau Sejarah Kebudayaan Islam, siswa akan mempelajari kejadian nyata serta perilaku signifikan dari umat muslim di masa lampau.
Siswa juga akan mengeksplorasi karya, rasa, dan kreasi umat Islam di masa lalu, yang diungkapkan dalam aspek sosial, budaya, ekonomi, politik, dan aspek kehidupan lainnya.
Dikutip dari buku yang berjudul Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam oleh Suhada (2017:10), SKI termasuk dalam bidang ilmu humaniora, yaitu disiplin yang membahas segala hal terkait manusia dan masyarakat.
Dengan nilai itu, pengetahuan yang diperoleh dari SKI dapat dimanfaatkan untuk mengasah kecerdasan, serta membangun sikap, karakter, dan kepribadian para siswa.
Terutama dalam kurikulum SKI, pendidik perlu memahami aspek-aspek yang berhubungan dengan indikator pencapaian belajar, perkembangan materi hingga penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa.
Penting bagi para pengajar untuk memahami KI KD SKI Kelas 6 Semester 2 berikut sebagai dasar dalam penyusunan proses pembelajaran.
1. Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual)
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Kompetensi Dasar:
Menghargai nilai-nilai positif dari peran Sunan Kalijaga dalam mensyiarkan Islam di Indonesia.
Menghargai nilai-nilai positif dari peran Sunan Muria dalam mensyiarkan Islam di Indonesia.
Menghargai nilai-nilai positif dari peran Sunan Kudus dalam mensyiarkan Islam di Indonesia.
Menghargai nilai-nilai positif dari peran Sunan Gunung Jati dalam mensyiarkan Islam di Indonesia.
2. Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial)
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
Kompetensi Dasar:
Menjalankan sikap tanggung jawab, percaya diri, toleran dan santun.
3. Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
Kompetensi Dasar:
Menganalisis biografi Sunan Kalijaga dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia.
Menganalisis biografi Sunan Muria dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia.
Menganalisis biografi Sunan Kudus dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia.
Menganalisis biografi Sunan Gunung Jati dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia.
Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar:
Mengorganisasi kembali peran Sunan Kalijaga dalam mengembangkan Islam di Indonesia.
Mengorganisasi kembali peran Sunan Muria dalam mengembangkan Islam di Indonesia.
Mengorganisasi kembali peran Sunan Kudus dalam mengembangkan Islam di Indonesia.
Mengorganisasi kembali peran Sunan Gunung Jati dalam mengembangkan Islam di Indonesia.
Setelah mengetahui dan memahami KI KD SKI Kelas 6 Semester 2 diharapkan para siswa dan guru bisa bersinergi guna meraih hasil pembelajaran yang maksimal. (Adm)