Sistem Buka Tutup Akan Diterapkan di Rest Area KM 57 Japek Jika Pemudik Overload - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sistem Buka Tutup Akan Diterapkan di Rest Area KM 57 Japek Jika Pemudik Overload
Apr 6th 2024, 00:16, by Fachrul Irwinsyah, kumparanNEWS

Sejumlah kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama menuju arah Tol Cipali di Karawang, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024). Foto: Aprilio Akbar/ANTARA FOTO
Sejumlah kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama menuju arah Tol Cipali di Karawang, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024). Foto: Aprilio Akbar/ANTARA FOTO

Rest area di ruas Tol Trans Jawa masih menjadi biang kemacetan pada saat arus mudik Lebaran. Hal ini juga diakui oleh Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan.

"Jadi rest area tuh menjadi trouble spot tersendiri ya untuk di tol ini. Kami sudah koordinasi dengan BUJT kemudian pengelola rest area," kata Aan di KM 72 Tol Cipali, Jumat (5/4).

Aan mengambil contoh rest area di KM 57. Di sana, kepadatan sempat terjadi sebelumnya hingga perlu dilakukan rekayasa lalu lintas di dalamnya.

"Tadi sudah kita terapkan di (rest area) KM 57 untuk pengaturan flow masuk, kemudian pembatasan lamanya istirahat di rest area. Ini cukup efektif ya," ungkap Aan.

Mantan Dirgakkum Korlantas Polri ini menjelaskan, jika rekayasa lalu lintas masih tak cukup untuk mengurai kepadatan, pihaknya akan menerapkan sistem buka tutup.

"Pada saat nanti mungkin sudah overload, sudah tidak ada tempat parkir lagi kita akan melakukan buka tutup rest area," tutur dia.

Karena itu, Aan mengimbau kepada para pemudik agar tidak terlalu lama beristirahat di dalam rest area. Namun, juga tidak beristirahat di bahu jalan karena berbahaya.

Ia menyarankan agar pemudik yang memang sudah kelelahan untuk bisa keluar dari ruas tol dan mencari tempat istirahat di jalur arteri.

"Silakan keluar di exit tol terdekat karena di situ, di arteri ini, sudah disiapkan rest area, banyak juga tempat makan kuliner di sana silakan untuk istirahat di luar jalan tol," ucap Aan.

"Silakan setelah lebih fresh masuk lagi, tidak ada penambahan tarif, artinya tarifnya sama, keluar masuk sama, dan malah dapat diskon nanti pada saat kembali ya," pungkas dia.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post