Sholat Ied Jam Berapa? Ini Jawabannya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sholat Ied Jam Berapa? Ini Jawabannya
Apr 2nd 2024, 21:41, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sholat Ied Jam Berapa. Sumber Unsplash Masjid Pogung Raya
Ilustrasi Sholat Ied Jam Berapa. Sumber Unsplash Masjid Pogung Raya

Sesaat lagi Hari Raya Idul Fitri akan tiba. Umumnya, umat muslim akan melakukan berbagai persiapan untuk melakukan salat di hari raya tersebut. Beragam hal pun ditanyakan terkait salat ini, seperti sholat Ied jam berapa.

Waktu pelaksanaan salat Ied ini penting untuk diketahui agar umat muslim tidak kecele. Selain itu, pengetahuan akan waktu tersebut akan memudahkan umat muslim untuk bersiap sebelum salat.

Sholat Ied Jam Berapa?

Sholat Ied Jam Berapa. Sumber Unsplash Rumman Amin
Sholat Ied Jam Berapa. Sumber Unsplash Rumman Amin

Berdasarkan buku Islam yang Santun dan Ramah, Toleran dan Menyejukkan, Dr. Zaprul Khan (2017: 21), Idul Fitri ialah hari raya kembalinya manusia kepada fitrah kesuciannya serta kecenderungan primordialnya untuk senantiasa melakukan kebajikan.

Di hari raya ini, ada ibadah yang disunahkan untuk umat muslim. Ibadah tersebut adalah salat Ied. Salat ini biasanya dilakukan secara berjamaah. Namun banyak orang yang belum tahu sholat Ied jam berapa.

Jadi, tidak ada jam yang pasti terkait kapan pelaksanaan salat Ied. Namun menurut mazhab Syafi'i, salat Idul Fitri dapat dilakukan hingga matahari tergelincir. Berikut penjelasannya dikutip dari nu.or.id.

"Ulama dari kalangan madzhab Syafi'i sepakat bahwa waktu akhir pelaksanaan shalat id adalah ketika tergelincirnya matahari." (Lihat Muhyiddin Syarf An-Nawawi, Al-Majmu' Syarhul Muhadzdzab, Jeddah, Maktabah Al-Irsyad, juz VII, halaman 7).

Di samping itu, ada hadits dari Abu Daud, Ibnu Majah, serta An-Nasa'i meriwayatkan bahwa Abu Umair bin Anas menjelaskan bahwa Nabi Muhammad saw memerintahkan untuk salat Idul Fitri di esok pagi tanggal 1 Syawal.

Di Indonesia sendiri, salat Idul Fitri umumnya dilakukan pada pukul 06.00-08.00 pagi waktu setempat. Jadi meskipun tidak ada jam pasti, umat muslim bisa bersiap di sekitar waktu tersebut.

Namun jika ingin mengetahui lebih jelas, umat muslim bisa bertanya kepada pengurus masjid atau panitia yang mengadakan salat Ied setempat. Biasanya, berbagai pengumuman juga akan dipasang oleh pengurus masjid atau panitia tersebut mengenai waktu pelaksanannya.

Baca juga: Jalani Ramadan dengan Semangat Terus Jadi Baik bersama kumparan

Jadi, sholat Ied jam berapa? Kesimpulannya adalah tak ada jam pasti. Namun di Indonesia, umumnya salat ini dilakukan pada pukul 06.00-08.00 di pagi hari waktu setempat. (LOV)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post