Pengertian Hewan Dabbah dalam Ajaran Islam - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian Hewan Dabbah dalam Ajaran Islam
Apr 16th 2024, 21:00, by Berita Terkini, Berita Terkini

Pengertian Hewan Dabbah. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/T Foz
Pengertian Hewan Dabbah. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/T Foz

Dalam ajaran Islam terutama di dalam Al-Quran disebutkan bahwa ada hewan yang disebut dengan hewan dabbah. Hewan ini menjadi salah satu pertanda bahwa hari kiamat akan segera tiba.

Tentunya banyak orang yang bertanya-tanya sebenarnya apa yang dimaksud dengan hewan dabbah, kemudian kapan hewan tersebut akan muncul. Tentunya tidak ada yang tahu karena itu semua merupakan rahasia Allah Swt.

Pengertian Hewan Dabbah

Pengertian Hewan Dabbah. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan
Pengertian Hewan Dabbah. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

Dikutip dari buku Tanda Kiamat Besar karya Mahir Ahmad Ash-Shufiy, (2007) dalam ajaran Islam, hewan Dabbah sering dikaitkan dengan salah satu tanda-tanda besar hari kiamat.

Dabbah, yang berasal dari kata Arab yang berarti 'binatang' atau 'makhluk yang bergerak di bumi', disebutkan dalam Al-Qur'an, dalam Surah An-Naml ayat 82.

Ayat ini menjelaskan bahwa ketika waktu tertentu tiba, Allah akan mengeluarkan makhluk dari bumi yang akan berbicara kepada manusia karena mereka tidak yakin dengan ayat-ayat Allah.

Interpretasi tentang Dabbah ini bervariasi di kalangan ulama dan cendekiawan Muslim. Beberapa memandang Dabbah sebagai makhluk literal yang akan muncul di akhir zaman, sementara yang lain menginterpretasikannya secara simbolis, mewakili jenis perubahan sosial atau moral dalam masyarakat.

Ada juga yang berpendapat bahwa Dabbah mungkin merupakan fenomena alam atau teknologi yang akan mempengaruhi kepercayaan dan perilaku manusia.

Dalam konteks eskatologi Islam, Dabbah sering digambarkan sebagai salah satu dari beberapa makhluk yang akan muncul mendekati hari kiamat, bersama dengan munculnya Imam Mahdi, turunnya Nabi Isa, dan munculnya Dajjal.

Dabbah dikatakan akan membawa cincin Nabi Sulaiman dan tongkat Nabi Musa, dan akan menandai dahi orang-orang beriman dengan cincin tersebut, sementara menandai dahi orang-orang kafir dengan tongkat tersebut, membedakan antara mereka yang beriman dan yang tidak.

Hal tersebut disinggung di dalam sebuah hadis yang artinya adalah sebagai berikut:

"Seekor binatang akan keluar dengan membawa tongkat Musa dan cincin Sulaiman Alaihissallam, lalu dia akan memberikan tanda (cap sebagai tanda pengenal) kepada seorang kafir-Affan (salah seorang perawi hadis) berkata, 'Pada hidung seorang kafir-dengan cincin, dan menjadikan bercahaya serta memutihkan wajah seorang mukmin dengan tongkat sehingga orang-orang yang sedang berkumpul pada hidangan makanan akan saling menyeru, maka yang ini berkata, 'Wahai, Mukmin!' Sementara yang lain berkata, 'Wahai, Kafir!'" (HR. Imam Ahmad dan Tirmizi)

Baca juga: 4 Hikmah Mempercayai Hari Kiamat

Itulah penjelasan mengenai hewan dabbah. Hewan ini dalam ajaran Islam merupakan pertanda akan datangnya hari kiamat. (WWN)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post