Apr 25th 2024, 12:00, by Sena Pratama, kumparanOTO
PT Neta Auto Indonesia secara resmi memulai produksi pertama mobil listrik mereka yakni Neta V-II secara completely knocked down atau CKD di pabrik PT Handal Indonesia Motor (HIM), Bekasi, Jawa Barat.
Disebut V-II karena model yang dirakit tersebut adalah versi penyegaran alias facelift dari model sebelumnya yaitu Neta V. Ada beberapa perbedaan yang meliputi bagian eksterior dan interior mobil setrum itu yang rencananya baru akan meluncur resmi dalam waktu dekat.
"Hari ini merupakan salah satu momen penting bagi kami, karena kami dapat merealisasikan salah satu komitmen dan rencana strategi kami dalam memperluas pasar mobil listrik di Indonesia dengan peresmian rencana produksi lokal secara CKD. Kami juga berterima kasih kepada mitra kami, yaitu PT Handal Indonesia Motor, yang turut bekerja sama dan mendukung kami dalam perakitan mobil listrik Neta secara lokal ini," ujar Vice President of NETA & President of Overseas Business Dept., Alan Zhou dalam keterangan resmi yang diterima kumparan.
Neta Indonesia dalam momen itu yang juga ikut dihadiri oleh Presiden Direktur PT HIM, Denny Siregar sekaligus menyatakan komitmen untuk meningkatkan kandungan lokal pada setiap produknya yang dibuat di pabrik HIM. Fasilitas perakitan ini memiliki kapasitas produksi 27 ribu unit per tahun.
Bekerja sama dengan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia untuk penyediaan baterai mobil listrik Neta dengan tujuan meningkatkan pengembangan komponen lokal hingga mencapai standar Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 40 persen hingga paling tinggi dalam waktu dekat.
Sejak debut perusahaan tahun 2014 silam, Neta telah menjangkau berbagai pasar internasional dan berhasil menjual lebih dari 390 ribu unit mobil listrik untuk pasar domestik China hingga pasar global, termasuk Indonesia dan negara ASEAN.
"Rencana perakitan lokal di Indonesia merupakan langkah konkret dan signifikan dari kami untuk menghadirkan solusi transportasi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia. Dengan kerja sama antara Neta dan para mitra lokal, kami optimis kolaborasi ini dapat menghasilkan mobil listrik Neta dengan kualitas terbaik dan dengan komponen lokal yang memenuhi standar," tutup Alan Zhou.
Sekilas perbedaan Neta V dan Neta V-II adalah fascia depan yang dibuat lebih sporty berkat desain airdam, cladding hitam di bawah bumper depan, motif pola velg, hingga lampu belakang yang baru.