Hukum Puasa Saat Idul Fitri, Haram atau Tidak? - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Hukum Puasa Saat Idul Fitri, Haram atau Tidak?
Apr 5th 2024, 21:26, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Hukum Puasa Saat Idul Fitri. Sumber Unsplash Abdullah Arif
Ilustrasi Hukum Puasa Saat Idul Fitri. Sumber Unsplash Abdullah Arif

Puasa adalah salah satu ibadah yang bisa mendatangkan pahala. Namun, puasa juga bisa mendatangkan dosa jika dilakukan pada hari-hari tertentu. Itulah mengapa hukum puasa saat Idul Fitri perlu diketahui sehingga umat muslim bisa menghindarinya.

Hukum ini bisa diajarkan kepada umat muslim sejak dini. Dengan demikian, generasi penerus Islam bisa menjalankan ibadah dengan baik.

Hukum Puasa Saat Idul Fitri

Ilustrasi Hukum Puasa Saat Idul Fitri, Sumber Unsplash Masjid Maba
Ilustrasi Hukum Puasa Saat Idul Fitri, Sumber Unsplash Masjid Maba

Mengutip buku Stimulant Langit saat Idul Fitri, Ustadzah Dr. Nurul Hikmah, M.A dan ‎Dzawata Afnan, Al Hafidzah, CH. CHT. NNLP (2022: 33), Idul Fitri merupakan hari yang penuh berkah. Pada hari ini, kaum muslimin akan mendapatkan limpahan Rahman serta Rahim-nya Allah.

Umat muslim akan mengerjakan ibadah sunah saat Idul Fitri tiba, yaitu salat. Namun, ada juga yang ingin untuk menjalankan puasa. Sebelum melakukannya, hukum puasa saat Idul Fitri perlu diketahui terlebih dahulu.

Jadi, hukum puasa di hari raya adalah haram. Artinya, umat muslim tidak boleh berpuasa Saat Idulfitri atau Iduladha tiba. Jika berpuasa, umat muslim akan mendapatkan dosa. Jadi, umat muslim dapat mempertimbangkan hari lain untuk berpuasa.

Selain Idulfitri dan Iduladha, ada berbagai hari lain yang juga diharamkan untuk berpuasa. Di antaranya adalah hari tasyrik yang jatuh pada tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijah dan puasa hari syak pada tanggal 30 Sya'ban.

Aktivitas yang Boleh Dilakukan saat Idulfitri

Ilustrasi Hukum Puasa Saat Idul Fitri, Sumber Unsplash Gr Stocks
Ilustrasi Hukum Puasa Saat Idul Fitri, Sumber Unsplash Gr Stocks

Meskipun diharamkan untuk berpuasa, masih ada berbagai aktivitas lain yang diperbolehkan untuk dilakukan saat Idulfitri selain salat. Berikut di antaranya.

1. Makan dan Minum

Jika tidak boleh berpuasa, maka umat muslim bisa makan dan minum. Namun perhatikan untuk tidak terlalu banyak karena bisa menyebabkan obesitas dan overhidrasi.

2. Saling Bermaafan

Idulfitri merupakan ajang untuk saling bermaafan. Jadi, umat muslim bisa memanfaatkannya untuk meminta maaf dan memaafkan kesalah orang lain.

3. Menyambung Tali Silaturahmi

Idulfitri juga bisa menjadi ajang untuk menyambung tali silaturahmi. Bahkan di Indonesia, banyak umat muslim yang mudik untuk berkumpul dengan keluarga.

Baca juga: Jalani Ramadan dengan Semangat Terus Jadi Baik bersama kumparan

Jadi, hukum puasa saat Idul Fitri adalah haram atau tidak diperbolehkan. Meskipun demikian, masih ada berbagai aktivitas lain yang boleh dilakukan. Misalnya adalah salat dan saling bermaafan. (LOV)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post