Hamas Tuduh Pasukan Fatah Menyamar Masuk ke Gaza - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Hamas Tuduh Pasukan Fatah Menyamar Masuk ke Gaza
Apr 1st 2024, 09:57, by Andreas Gerry Tuwo, kumparanNEWS

Truk yang membawa bantuan kemanusiaan ke Palestina tertahan di dalam perjalanan menuju perbatasan Rafah untuk memasuki Gaza di Kairo, Mesir. Foto: Amr Abdallah Dalsh/REUTERS
Truk yang membawa bantuan kemanusiaan ke Palestina tertahan di dalam perjalanan menuju perbatasan Rafah untuk memasuki Gaza di Kairo, Mesir. Foto: Amr Abdallah Dalsh/REUTERS

Kelompok penguasa Gaza, Hamas, menuduh Fatah mengirim pejabat keamanan ke sebelah utara Gaza. Anggota Fatah diduga menyamar demi mengamankan truk bantuan.

Tuduhan Hamas dibantah oleh Otoritas Palestina.

Seorang pejabat Kemendagri dari Hamas kepada Al-Aqsa TV pada Minggu (31/3) menuduh misi penyamaran Fatah di Gaza diawasi oleh Majed Faraj. Pria itu merupakan kepala intelijen Otoritas Palestina.

Ilustrasi pasukan Hamas. Foto: Shutterstock
Ilustrasi pasukan Hamas. Foto: Shutterstock

Pejabat Hamas, yang namanya dirahasiakan itu mengatakan, sebanyak enam anggota keamanan Fatah yang menyamar masuk ke Gaza sudah ditangkap. Sedangkan beberapa anggota keamanan lainnya kini sedang diburu.

"Pasukan keamanan yang mencurigakan masuk kemarin dengan truk Bulan Sabit Merah mengkoordinasikan operasi sepenuhnya dengan pasukan penjajah (Israel)," kata pejabat Hamas tanpa memberikan bukti, seperti dikutip dari Reuters.

Hamas menyatakan, kelompok faksi mana pun ataupun petugas yang ingin masuk ke Gaza harus berkoordinasi dengan mereka. Jika tidak, mereka akan dianggap sebagai pasukan pendudukan.

Menurut Otoritas Palestina, komentar Hamas sama sekali tidak benar. Mereka menyatakan tak tertarik adu komentar dengan Hamas di tengah situasi Gaza yang makin memburuk.

"Itu bisa mengalihkan perhatian dari penderitaan rakyat kami di Jalur Gaza dan saat ini mereka sedang melalui pembunuhan, kelaparan dan pengungsian," kata Otoritas Palestina.

Palestina pecah setelah Pemilu 2006 dimenangi Hamas atas rivalnya Fatah yang menguasai Otoritas Palestina. Pada 2007, Hamas menguasai Gaza lewat perang saudara singkat melawan Otoritas Palestina.

Upaya mendamaikan dua kelompok politik besar di Palestina itu berulang kali dicoba. Tetapi gagal akibat buntunya negosiasi terkait pembagian kekuasaan.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post