Apr 17th 2024, 08:00, by Sena Pratama, kumparanOTO
Informasi mengenai kondisi ban motor yang harus diganti menjadi salah satu berita populer kumparanOTO, Selasa (16/4).
Kemudian yang perlu diketahui soal komponen motor yang perlu diperiksa setelah dipakai mudik, serta tren ban gemuk motor.
Selengkapnya rangkuman berita populer kumparanOTO.
Pahami Kondisi Ban Motor yang Sudah Seharusnya Diganti
Ban motor meskipun secara tampilan masih bagus, ada beberapa kondisi yang mengharuskannya untuk diganti. Tak melulu dari usia pakai, demikian penjelasan Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk., Dodiyanto.
"Kalau batasan umur sebenarnya dari APBI (Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia) memang ban itu bukan seperti makanan yang ada masa kedaluwarsa atau expired. Kami juga tidak bisa menentukan dua atau tiga tahun itu sudah pasti bannya tidak ideal secara performa atau pada kelipatan kilometer berapa sudah sebaiknya diganti. Itu tidak ada," buka Dodiyanto kepada kumparan, Senin (15/4).
Motor Setelah Dipakai Mudik, Sebaiknya Langsung Periksa Bagian Ini
Momen mudik Lebaran hampir usai, sejumlah pemudik mulai kembali ke tanah perantauan dengan berbagai moda transportasi. Bagi pemudik yang menggunakan motor, sebaiknya jangan lupa langsung lakukan pemeriksaan komponen berikut.
Dijelaskan Service Advisor Yamaha Motor Juanda, Wawan Sutawijaya ada beberapa bagian dan komponen yang wajib dilakukan pemeriksaan sampai dengan penggantian. Pelumas untuk mesin jadi utama.
Tren Ban Motor Gambot Masih Menjamur, Apa Istimewanya?
Penggunaan ban motor dengan ukuran lebar atau gambot rupanya masih menjadi tren saat ini. Banyak pemotor yang mengganti bannya menggunakan ukuran yang lebih besar dari bawaan standar.
"Kita kadang kehabisan juga untuk stok ban gambot. Di sini (bengkel Proban) untuk matik ring 14 ada FDR MP 76, Maxxis Green devil sama Michelin," terang Tri, mekanik Proban Kahfi 2 Ciganjur, Jakarta Selatan, Senin (15/4).