Alex Marwata: Saya 8 Tahun di KPK Belum Ada yang Telepon Minta Hentikan Kasus - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Alex Marwata: Saya 8 Tahun di KPK Belum Ada yang Telepon Minta Hentikan Kasus
Apr 2nd 2024, 21:57, by Fachrul Irwinsyah, kumparanNEWS

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, saat ditemui wartawan di ruang konferensi pers Gedung KPK, Jakarta, Selasa (2/4/2024). Foto: Fadhil Pramudya/kumparan
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, saat ditemui wartawan di ruang konferensi pers Gedung KPK, Jakarta, Selasa (2/4/2024). Foto: Fadhil Pramudya/kumparan

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, bercerita bahwa selama delapan tahun bertugas di KPK, belum ada yang pernah menelepon dirinya untuk meminta menghentikan kasus korupsi yang sedang diusut.

"Saya juga delapan tahun di KPK, ya, rasanya belum ada yang menelepon saya untuk menghentikan kasus," katanya dalam diskusi publik bertajuk 'Pemberantasan Korupsi: Refleksi & Harapan', di Ruang Konferensi Pers Gedung KPK, Jakarta, Selasa (2/4).

Sebelum itu, Alex juga sempat menyinggung keberadaan Dewas KPK. Menurutnya, keberadaan Dewas KPK kini sangat efektif, termasuk dalam mengevaluasi kerja KPK dan kinerja pimpinan.

"Sebelum ada Dewas, dulu sepertinya yang diputuskan pimpinan, tuh, enggak ada yang salah," kata dia.

"Sekarang ada Dewas dan itu sangat efektif dalam melakukan evaluasi kerja KPK, pimpinan, banyak sekali rekomendasi-rekomendasi, juga termasuk kalau masyarakat melaporkan terjadinya pelanggaran kode etik dan itu ditindaklanjuti oleh Dewas dari pimpinan sampai pegawai," jelas Alex.

Alex mengungkapkan, keberadaan Dewas sempat dipermasalahkan terkait dengan izin penggeledahan dan penyadapan. Namun, kini telah dikembalikan seperti mekanisme sebelumnya,

"Jadi keberadaan Dewas yang dulu dipersoalkan terkait dengan izin waktu penggeledahan dan penyadapan, nah sekarang tidak, itu dikembalikan lagi seperti mekanisme semula," tutur Alex.

"Jadi itu semua murni putusan pimpinan, jadi tidak ada keputusan Dewas. Sebetulnya, dari sisi aturan baik-baik saja, tidak ada persoalan, masih aman," pungkasnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post