Surat Yunus Ayat 40-41 beserta Artinya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Surat Yunus Ayat 40-41 beserta Artinya
Mar 30th 2024, 17:18, by Berita Terkini, Berita Terkini

 Ilustrasi Surat Yunus Ayat 40-41. Sumber: Foto Unsplash/Utsman Media
Ilustrasi Surat Yunus Ayat 40-41. Sumber: Foto Unsplash/Utsman Media

Surat Yunus ayat 40-41 dapat dijadikan sebagai pembelajaran dalam menjalani kehidupan. Surat Yunus merupakan salah satu surat yang terdapat di dalam Al-Quran.

Berdasarkan buku yang berjudul Sejarah Terlengkap 25 Nabi, Rizem Aizid, (2018:504), surat Yunus merupakan surat ke-10 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri atas 109 ayat, dan termasuk golongan surat makkiyah, kecuali ayat 40, 94, dan 95, yang diturunkan di Madinah.

Dalam penggolongan surat, surat Yunus termasuk surat al-mi'un, yaitu surat-surat Al-Quran yang ayatnya berjumlah seratusan, karena surat ini terdiri atas 109 ayat. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa surat itu tergolong surat as-sab'uth thiwal atau tujuh surat yang panjang.

Bunyi Surat Yunus Ayat 40-41

  Ilustrasi Surat Yunus Ayat 40-41. Sumber: Foto Unsplash/T Foz
Ilustrasi Surat Yunus Ayat 40-41. Sumber: Foto Unsplash/T Foz

Berikut merupakan bunyi surat Yunus ayat 40-41 beserta dengan artinya yang dapat dipahami umat Islam untuk pembelajaran dalam menjalani kehidupan.

1. Surat Yunus Ayat 40

وَمِنْهُمْ مَنْ يُؤْمِنُ بِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ ۚ وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِينَ
Wa min-hum may yu`minu bihī wa min-hum mal lā yu`minu bih, wa rabbuka a'lamu bil-mufsidīn
Artinya: "Dan di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepadanya (Al-Qur'an), dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan." (QS. Yunus: 40)

2. Surat Yunus Ayat 41

وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۖ أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا أَعْمَلُ وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ
Wa ing każżabụka fa qul lī 'amalī wa lakum 'amalukum, antum barī`ụna mimmā a'malu wa ana barī`um mimmā ta'malụn
Artinya: "Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan". (QS. Yunus : 41)

Makna kandungan yang terdapat di dalam surat Yunus pada ayat 40 dan 41 dalam Al-Quran yakni menceritakan tentang bagaimana orang-orang beriman dan orang-orang yang tidak beriman, orang-orang yang berbuat kerusakan dan orang yang tidak membuat kerusakan. Allah Swt Maha Mengetahui apa yang manusia lakukan, dan semua perbuatan atau tindakan manusia akan memperoleh ganjarannya.

Baca juga: Dalil Naqli yang Menjelaskan tentang Nabi Muhammad adalah Nabi Terakhir

Itulah bacaan surat Yunus ayat 40-41 beserta dengan artinya. Semoga dapat bermanfaat untuk umat Islam yang sedang mencari informasi tersebut. (Adm)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post