Contoh Teks Misa untuk Renungan Katolik Malam Paskah dari Alkitab - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Contoh Teks Misa untuk Renungan Katolik Malam Paskah dari Alkitab
Mar 29th 2024, 12:02, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi renungan Katolik Malam Paskah. Sumber: pexels.com
Ilustrasi renungan Katolik Malam Paskah. Sumber: pexels.com

Dalam waktu dekat, umat Katolik akan mengadakan peringatan Malam Paskah. Dalam rangkaian momentum tersebut, biasanya akan ada sesi renungan bagi umat Katolik. Itulah mengapa, dibutuhkan contoh teks Misa untuk renungan Katolik Malam Paskah sebagai referensi.

Umumnya, teks Misa ini mengambil dari kisah-kisah yang ada di dalam Alkitab. Baru kemudian dihubungkan dengan kondisi umat maupun kehidupan sekarang ini. Dengan begitu, umat Katolik yang mendengarnya bisa merasa terhubung dengan ayat dalam Alkitab yang disampaikan.

Teks Misa untuk Renungan Katolik Malam Paskah

Ilustrasi renungan Katolik Malam Paskah. Sumber: pexels.com
Ilustrasi renungan Katolik Malam Paskah. Sumber: pexels.com

Mengutip dari buku Kidung Keesaan, Tim Inti Nyanyian Gereja (TING YAMUGER) (2017), Malam Paskah adalah malam suci kebangkitan Tuhan, yang merupakan puncak perayaan Tri Hari Paskah. Pada malam ini, gereja akan berjaga untuk menantikan kebangkitan Kristus dan merayakannya dalam ibadat suci.

Adapun contoh teks Misa untuk renungan Katolik Malam Paskah dalam Alkitab berjudul 'Paskah dalam Harapan' yang bisa menjadi referensi adalah sebagai berikut.

1. Bacaan I : Kej 1:1 – 2.2.
2. Bacaan II : Kel 14;15 – 15.1
3. Bacaan III: Yes 54:5 – 14
4. Bacaan Injil : Mrk 16:1-8
Malam Paskah ini adalah malam harapan.
Demikianlah pesta Paskah menjadi pesta harapan untuk kita semua. Kalvari bukanlah akhir dari nasib kita. Apapun yang kita derita adalah suatu jalan menuju kepada kejayaan dan kebangkitan. Dalam kesulitan dan penderitaan apapun juga, kita akan tetap menjadi manusia yang punya harapan, manusia Paskah!
Kita sudah merayakan Malam Paskah ini dengan suasana gelap, yang melukiskan kegelapan yang menyelubungi taman Getsemani dan puncak Kalvari. Ketika lilin Paskah dinyalakan, kegelapan itu mulai pelan-pelan disingkirkan. Dan sekarang dalam suasana terang lilin-lilin yang berasal dari lilin Paskah, lambang Kristus sendiri, semoga kita semakin sadar bahwa kita sedang merayakan pesta "habis gelap, terbitlah terang".
Malam ini adalah malam peneguhan untuk setiap harapan yang mulia!
Bahwa kegelapan akan sering menyelimuti hidup kita rupanya sudah menjadi salah satu dinamika hidup ini. Namun, sebagai manusia paskah, kita hendaknya senantiasa percaya bahwa Dia yang telah mengalahkan kegelapan akan menerangi jalan hidup kita seperti Ia menerangkan kegelapan hati dan pikiran dua murid-Nya dari Emaus itu.
Sesudah Tuhan menerangkan segala-galanya bagi mereka, maka hati dan semangat mereka berkobar-kobar lagi. Mungkin perlu diingat, bahwa setiap kali kalau kita mengalami persoalan hidup, ada baiknya kita mengulangi permintaan dua murid dari Emaus itu: "Tinggallah bersama-sama dengan kami, sebab hari telah menjelang malam dan matahari hampir terbenam!"
Kita hendaknya menjadi manusia Paskah: optimis dan penuh harapan!!
Paskah adalah pesta harapan. Orang yang sudah putus asa oleh peristiwa Kalvari, dengan kebangkitan Yesus, segala harapannya muncul lagi. Kristus telah bangkit. Ia telah menjadi Kristus yang jaya, Kristus yang dimuliakan. Ia telah mengatasi ruang tempat dan waktu, di luar jangkauan sejarah. Ia tak pernah bisa kalah lagi, Ia sudah menang dan jaya untuk selamanya.

Baca Juga: Memahami Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, Minggu Paskah Katolik

Dengan adanya renungan Katolik Malam Paskah di atas, diharapkan seluruh umat Katolik di Indonesia bisa menjadikan kisah di atas sebagai pembelajaran pada kehidupan masa kini. (Anne)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post