Bacaan Niat Puasa Latin untuk Melaksanakan Ibadah Wajib saat Ramadan - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bacaan Niat Puasa Latin untuk Melaksanakan Ibadah Wajib saat Ramadan
Mar 28th 2024, 02:30, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Bacaan Niat Puasa Latin. Sumber: Unsplash/Milada Vigerova
Ilustrasi Bacaan Niat Puasa Latin. Sumber: Unsplash/Milada Vigerova

Setiap muslim sudah sepatutnya untuk mengetahui bacaan niat puasa Ramadan. Pengetahuan tentang niat menjadi penting karena puasa pada bulan suci Ramadan adalah ibadah wajib bagi setiap muslim yang memenuhi syarat wajib puasa.

Syarat wajib puasa dalam ajaran Islam ada enam, yakni beragama Islam, berakal sehat, balig, suci dari haid dan nifas, mampu berpuasa, serta bukan musafir. Jika sudah memenuhi syarat wajib puasa, tetapi tidak berpuasa maka seorang muslim itu berdosa.

Bacaan Niat Puasa Latin

Ilustrasi Bacaan Niat Puasa Latin. Sumber: Unsplash/Jonathan Pielmayer
Ilustrasi Bacaan Niat Puasa Latin. Sumber: Unsplash/Jonathan Pielmayer

Puasa merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Setiap muslim hendaknya melaksanakan ibadah puasa, terutama saat bulan suci Ramadan. Hukum puasa Ramadan dalam ajaran Islam adalah wajib sehingga meninggalkannya dapat berdosa.

Pemeluk agama Islam secara langsung mempunyai kewajiban melaksanakan puasa Ramadan ketika memenuhi syarat wajib puasa. Dikutip dari buku Anak Saleh Rajin Puasa Ramadhan, Dianawati (2005: 7), syarat wajib puasa, antara lain:

  • Beragama Islam;

  • Berakal sehat;

  • Balig atau dewasa;

  • Suci dari haid dan nifas bagi wanita;

  • Mampu berpuasa; serta

  • Bertempat tinggal tetap (bukan musafir).

Ketika melaksanakan ibadah puasa, umat muslim perlu melafalkan niat terlebih dahulu. Mengutip dari buku yang sama, Dianawati (2005: 8), berikut adalah bacaan niat puasa Latin yang lengkap dengan artinya.

Nawaitu shaauma ghadin 'an adaa'i fardhi ramadhaana haadzihis sanati lillaahi ta'ala.

Artinya: "Aku niat berpuasa esok hari menunaikan fardu bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta'ala."

Setiap muslim dapat melafalkan niat puasa Ramadan pada malam hari atau sebelum terbit fajar. Supaya tidak terlewat atau terlupakan, umat muslim dapat membaca niat puasa Ramadan setelah selesai mendirikan salat tarawih.

Macam-Macam Ibadah Ramadan selain Puasa

Ilustrasi Bacaan Niat Puasa Latin. Sumber: Unsplash/Rachid Oucharia
Ilustrasi Bacaan Niat Puasa Latin. Sumber: Unsplash/Rachid Oucharia

Puasa merupakan salah satu ibadah di bulan Ramadan. Pernyataan tersebut memuat makna bahwa ada ibadah lain di bulan Ramadan selain puasa. Hal itu benar adanya karena Islam memang mengajarkan berbagai macam ibadah Ramadan.

Berikut adalah macam-macam ibadah yang biasa dilaksanakan oleh umat muslim ketika bulan Ramadan tiba.

1. Salat Tarawih

Salat tarawih merupakan ibadah sunah yang sangat dianjurkan (sunnah muakkad) bagi setiap muslim. Ibadah tersebut biasa dilaksanakan pada malam hari di bulan Ramadan, yakni setelah selesai melaksanakan salat isya.

2. Iktikaf

Iktikaf merupakan ibadah yang biasa dilakukan oleh umat muslim selama bulan Ramadan, terutama pada sepuluh malam terakhir. Ketika iktikaf, umat muslim akan melaksanakan salat (fardu serta sunah), melakukan tasbih, zikir, serta membaca Al-Qur'an.

3. Zakat Fitrah

Dikutip dari buku Fikih untuk Kelas VIII MTs, Hasbiyallah (2008: 41), zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim pada awal bulan Ramadan sampai menjelang salat Idulfitri. Amalan ini wajib bagi orang yang memenuhi syarat wajib zakat fitrah.

Baca juga: Jalani Ramadan dengan Semangat Terus Jadi Baik bersama Kumparan

Kini, jelas bahwa bacaan niat puasa Ramadan merupakan pengetahuan penting bagi umat muslim karena terkait dengan ibadah wajib. Selain puasa, ada pula tarawih, iktikaf, serta zakat fitrah yang dapat dilaksanakan saat bulan Ramadan. Wallahu a'alam bishawab. (AA)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post