Ilustrasi Format Umpan Balik Teman Sejawat. Sumber: Pexels/Mohammad Danish
Pada PPG, peserta dituntut untuk mengerjakan berbagai tugas. Salah satunya adalah meminta umpan balik kepada teman sejawat. Sayangnya, masih banyak peserta yang bingung dengan format umpan balik teman sejawat.
Tugas tersebut wajib dikerjakan bukan tanpa alasan. Adanya tugas tersebut dapat membentuk kolaborasi antarguru agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran.
Format Umpan Balik Teman Sejawat PPG
Ilustrasi Format Umpan Balik Teman Sejawat. Sumber: Pexels/Kate Amos
Bagi guru, mendapatkan umpan balik dari teman sejawat adalah hal yang perlu dilakukan. Dikutip dari buku Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Pendidikan Karakter Mahasiswa PPG, Mudayat, et al. (2025:170), baik positif maupun negatif, umpan balik perilaku menunjukkan kepada penerima bahwa mereka diperhatikan dan bahwa perkembangan mereka dianggap penting.
Umpan balik dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi seorang guru. Dengan demikian dapat meningkatkan strategi pembelajaran di sekolah. Umpan balik juga dapat membuat guru mampu memahami kebutuhan belajar peserta didik secara individual di kelas.
Peserta PPG mungkin masih bingung dengan format umpan balik. Namun, tak perlu khawatir. Berikut format umpan balik teman sejawat yang dapat digunakan oleh peserta PPG.
Nama Guru:
Mata Pelajaran yang Diampu:
Instansi Mengajar:
Dari Kegiatan …. yang diadakan di …. saya memberikan umpan balik sebagai berikut:
1. Dari paparan yang disampaikan sebelumnya saya pikir
(Isi umpan balik)
2. Langkah kecil yang akan saya lakukan adalah
(Isi umpan balik)
Contoh Isi Umpan Balik Teman Sejawat
Ilustrasi Format Umpan Balik Teman Sejawat. Sumber: Pexels/Ilabappa
Setelah memahami format umpan balik, peserta PPG dapat berlatih mengisinya. Berikut contoh-contoh pengisian format umpan balik untuk teman sejawat PPG.
1. Contoh 1
Nama Guru: Bunga Damayanti
Mata Pelajaran yang Diampu: IPAS
Instansi Mengajar: SDN 123 Kota Bogor
Dari Kegiatan "Implementasi Pembelajaran IPAS Secara Tematik" yang diadakan di SDN 123 Bogor saya memberikan umpan balik sebagai berikut:
1. Dari paparan yang disampaikan sebelumnya saya pikir:
Materi yang telah disampaikan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Adanya pendekatan tematik dapat memadukan antara konsep alam dan sosial cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik.
2. Langkah kecil yang akan saya lakukan adalah:
Langkah kecil yang akan saya lakukan salah satunya adalah menerapkan model pembelajaran dengan basis inkuiri. Selain itu, saya juga akan menyusun lembar observasi untuk menilai keaktifan dan kolaborasi seluruh peserta didik di kelas.
2. Contoh 2
Nama Guru: Budi Susanto
Mata Pelajaran yang Diampu: Bahasa Indonesia
Instansi Mengajar: SDN 456 Bogor
Dari Kegiatan "Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru" yang diadakan di Balai Kota Bogor saya memberikan umpan balik sebagai berikut:
1. Dari paparan yang disampaikan sebelumnya saya pikir:
Pemaparan guru mengenai pentingnya membangun minat baca dan menulis argumentatif sangat sesuai dengan kurikulum yang digunakan saat ini. Adanya contoh strategi pembelajaran juga dapat membuat peserta didik terpancing untuk turut berdiskusi dan berpikir kritis.
2. Langkah kecil yang akan saya lakukan adalah:
Langkah kecil yang akan mulai saya lakukan adalah fokus kepada keterampilan murid dalam menulis esai pendek. Selain itu, akan melibatkan seluruh peserta didik dalam kegiatan diskusi kelompok untuk memancing siswa agar berpikir kritis.