Pertumbuhan Ekonomi Maluku 2025 Ditarget 11 Persen, Terbesar Nasional - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pertumbuhan Ekonomi Maluku 2025 Ditarget 11 Persen, Terbesar Nasional
Apr 18th 2024, 12:14, by Sinar Utami, kumparanBISNIS

Ilustrasi Pulau Rorasa, Morotai, Maluku Utara. Foto: Disparbud Pulau Morotai
Ilustrasi Pulau Rorasa, Morotai, Maluku Utara. Foto: Disparbud Pulau Morotai

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi di Maluku tahun 2025 mencapai 11,1-11,9 persen. Target tersebut tertuang dalam rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun anggaran 2025.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa memaparkan meskipun pertumbuhan ekonominya ditarget paling besar, kontribusinya atas pertumbuhan nasional lebih kecil dibanding wilayah lainnya.

"Maluku diharapkan tumbuh yang paling tinggi di situ 11,1-11,9 persen, walau kontribusi terhadap ekonomi nasional 0,8 persen," kata Suharso dalam Rakor Pembangunan Pusat 2024, Kamis (18/4).

Wilayah Timur lainnya, Papua ditargetkan ekonominya pada 2025 tumbuh 5,3-59 persen dengan kontribusi terhadap ekonomi nasional mencapai 1,9 persen.

Kemudian bergeser ke wilayah lain, Sulawesi ditarget tumbuh 7,3-7,9 persen dengan kontribusi pada ekonomi nasional mencapai 7,4 persen. Wilayah Bali-Nusa Tenggara ditarget tumbuh 5,4-6,5 persen dengan kontribusi 2,8 persen.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di Kompleks DPR RI, Kamis (8/6). Foto: Nabil Jahja/kumparan
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di Kompleks DPR RI, Kamis (8/6). Foto: Nabil Jahja/kumparan

Wilayah Sumatera ditargetkan tumbuh 4,8-5,1 persen dengan kontribusi 21,8 persen. Kemudian Kalimantan ditargetkan bisa tumbuh 5,9-6,1 persen dengan kontribusi 8,6 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi tahun 2025 di Jawa ditargetkan mencapai 5-5,4 persen, dengan kontribusi terhadap ekonomi nasional terbesar yakni 56,8 persen.

Suharso menjelaskan, tema pembangunan ekonomi di setiap wilayah memiliki tema tersendiri menyesuaikan potensi yang dimiliki wilayah tersebut. Seperti misalnya Maluku yang menjadi hub kemaritiman wilayah Timur Indonesia, atau Bali-Nusa Tenggara yang fokus pada pariwisata.

"Oleh karena itu kami berharap seluruh pihak terkait khususnya pemerintah daerah agar dapat menjadikan tema target pembangunan dan kontribusi per wilayah sebagai acuan di wilayahnya masing-masing," pungkasnya.

Hilirisasi Dorong Ekonomi di Indonesia Timur

Sebelumnya, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, program hilirisasi yang diusung Presiden Jokowi berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Khususnya di daerah otonom.

"Ini program hilirisasi Pak Jokowi. Jadi kalau di daerah (otonom) seperti Maluku Utara jelas itu karena hilirisasi," kata Airlangga kepada awak media di kantornya, Senin (5/2).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Maluku Utara menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi dari 38 provinsi di Indonesia pada 2023, dengan angka pertumbuhan 20,49 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Bahkan ekonomi Maluku Utara tumbuh 27,74 persen pada kuartal II 2022, dan di kuartal I mencapai 28,33 persen.

"Jadi kalau di daerah seperti Maluku Utara, jelas itu karena hilirisasi. Ketika pabrik berproduksi, produksinya meningkat nah dia akan melonjak pertumbuhan ekonominya," kata Airlangga.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post