Penyebab Masuknya Informasi dari Luar Negeri ke Indonesia secara Mudah - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penyebab Masuknya Informasi dari Luar Negeri ke Indonesia secara Mudah
Apr 22nd 2024, 20:39, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Masuknya Informasi Dari Luar Negeri Ke Indonesia Secara Mudah Disebabkan Oleh Adanya, Foto: Unsplash/wombatzaa.
Ilustrasi Masuknya Informasi Dari Luar Negeri Ke Indonesia Secara Mudah Disebabkan Oleh Adanya, Foto: Unsplash/wombatzaa.

Masuknya informasi dari luar negeri ke Indonesia secara mudah disebabkan oleh adanya internet. Bahkan, internet dapat membuat informasi bisa diperoleh dengan cepat.

Setiap orang bisa mencari berbagai informasi terkini mengenai berbagai ha di internetl. Tidak hanya informasi mengenai negaranya saja, tetapi informasi tentang negara-negara lain. Hal ini membuat pengetahuan semakin bertambah.

Internet: Penyebab Masuknya Informasi dari Luar Negeri ke Indonesia secara Mudah

Ilustrasi Masuknya Informasi Dari Luar Negeri Ke Indonesia Secara Mudah Disebabkan Oleh Adanya, Foto: Unsplash/RerF.
Ilustrasi Masuknya Informasi Dari Luar Negeri Ke Indonesia Secara Mudah Disebabkan Oleh Adanya, Foto: Unsplash/RerF.

Dikutip dari Modul Pelajaran PPKN SMA Kelas XII karya Evy Pajriani (2020: 1), masuknya informasi dari luar negeri ke Indonesia secara mudah disebabkan oleh adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, terutama internet.

Beberapa faktor mudahnya informasi masuk ke Indonesia, yaitu sebagai berikut.

1. Akses Internet yang Luas

Penyebaran internet di Indonesia semakin luas dengan meningkatnya internet dan perkembangan infrastruktur telekomunikasi, termasuk jaringan seluler dan fiber optik. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk mengakses informasi dari luar negeri dengan lebih mudah.

2. Perkembangan Media Sosial

Media sosial menjadi platform utama bagi berbagi informasi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Masyarakat Indonesia dapat mengakses berita, video, artikel, dan konten lainnya dari berbagai belahan dunia melalui platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.

3. Peningkatan Akses ke Platform Berita Internasional

Banyak platform berita internasional yang memiliki versi bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang mudah diakses oleh masyarakat Indonesia. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengikuti berita dan informasi terkini dari luar negeri.

4. Globalisasi dan Interkoneksi

Dengan terus berkembangnya globalisasi, Indonesia semakin terhubung dengan dunia luar melalui berbagai sektor, termasuk perdagangan, pariwisata, dan pendidikan. Ini juga berkontribusi pada pertukaran informasi antar-negara yang lebih mudah.

Adanya kemudahan akses informasi yang dimiliki saat ini, seseorang dapat dengan mudah mencari berbagai informasi terkini tentang negara-negara lain di seluruh dunia. Ini membuka pintu bagi pengetahuan yang lebih luas dan pemahaman yang lebih mendalam tentang hal.

Melalui sumber-sumber informasi seperti situs web berita internasional, platform media sosial, blog, forum diskusi online, dan publikasi ilmiah, individu dapat mengakses berbagai sudut pandang dan pemahaman yang beragam tentang dinamika global.

Baca Juga: Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 39 tentang Upaya dan Tujuan Indonesia

Jadi, masuknya informasi dari luar negeri ke Indonesia secara mudah disebabkan oleh adanya internet. Informasi ini bisa diakses oleh masyarakat sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan. (Umi)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post