Jadwal Imsakiyah dan Subuh Bekasi 5 April 2024 serta Keutamaan Puasa Ramadan - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jadwal Imsakiyah dan Subuh Bekasi 5 April 2024 serta Keutamaan Puasa Ramadan
Apr 4th 2024, 20:47, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi untuk Jadwal Imsakiyah dan Subuh Bekasi 5 April 2024. Sumber: Unsplash/Laura Chouette
Ilustrasi untuk Jadwal Imsakiyah dan Subuh Bekasi 5 April 2024. Sumber: Unsplash/Laura Chouette

Jadwal imsakiyah dan Subuh Bekasi 5 April 2024 dapat dicatat untuk acuan waktu beribadah. Pada bulan Ramadan umat Islam diwajibkan untuk menjalankan puasa Ramadan. Selain itu, umat Islam tetap harus mengerjakan salat fardu.

Ramadan adalah bulan yang sangat mulia. Pada bulan ini, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah.

Jadwal Imsakiyah dan Subuh Bekasi 5 April 2024 untuk Dicatat

Ilustrasi untuk Jadwal Imsakiyah dan Subuh Bekasi 5 April 2024. Sumber: Unsplash/Abdullah Arif
Ilustrasi untuk Jadwal Imsakiyah dan Subuh Bekasi 5 April 2024. Sumber: Unsplash/Abdullah Arif

Puasa adalah ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari berbagai hal yang bisa membatalkan puasa seperti makan dan minum. Ibadah ini dilaksanakan sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya Matahari.

Ketika sudah masuk waktu untuk berbuka puasa, umat muslim dianjurkan untuk segera berbuka puasa. Bagi yang tinggal di Bekasi dan sekitarnya, berikut jadwal imsakiyah dan Subuh Bekasi 5 April 2024 yang dikutip dari bimasislam.kemenag.go.id.

Jumat, 05 April 2024 atau 25 Ramadan 1445 H

  • Imsak: 04:29

  • Subuh: 04:39

  • Duha: 06:18

  • Zuhur: 11:58

  • Asar: 15:14

  • Magrib: 17:58

  • Isya: 19:07

Keutamaan Puasa Ramadan

Ilustrasi untuk Jadwal Imsakiyah dan Subuh Bekasi 5 April 2024. Sumber: Unsplash/Masjid Pogung Dalangan
Ilustrasi untuk Jadwal Imsakiyah dan Subuh Bekasi 5 April 2024. Sumber: Unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Ramadan adalah bulan yang suci. Salah satu ibadah yang wajib dilakukan pada bulan ini adalah puasa. Ada beberapa keuatamaan puasa Ramadan yang perlu diketahui. Berikut beberapa di antaranya.

1. Sebagai Penebus Dosa

Menjalankan puasa Ramadan memiliki keistimewaan sebagai penebus dosa sampai bulan Ramadan berikutnya. Rasulullah saw. bersabda.

"Jarak antara salat lima waktu, salat Jumat dengan Jumat berikutnya dan puasa Ramadan dengan Ramadan berikutnya merupakan penebus dosa-­dosa yang ada di antaranya, apabila tidak melakukan dosa besar." (HR Muslim).

2. Doanya Mustajab

Salah satu keutamaan puasa Ramadan adalah orang yang sedang berpuasa doanya mustajab. Hal ini sesuai dengan hadis berikut.

"Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir dan doa orang yang teraniaya," (HR Baihaqi).

3. Bulan yang Penuh Berkah

Pada bulan Ramadan, pintu surga akan dibuka dan pintu neraka akan ditutup. Selain itu, setan juga dibelenggu sehingga manusia bisa lebih khusyuk dalam beribadah. Keistimewaan lainnya adalah ada satu malam yang istimewa pada bulan ini. Rasulullah saw. bersabda.

"Telah datang bulan Ramadan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan." (HR. Ahmad).

Baca juga: Jalani Ramadan dengan Semangat Terus Jadi Baik bersama kumparan

Itulah jadwal imsakiyah dan Subuh Bekasi 5 April 2024 untuk dicatat. Pahami juga beberapa keutamaan bulan Ramadan agar semakin semangat beribadah. (KRIS)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post