Doa Perjalanan Jauh yang Bisa Dibaca saat Mudik - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Doa Perjalanan Jauh yang Bisa Dibaca saat Mudik
Apr 5th 2024, 21:31, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Doa Perjalanan Jauh, Sumber Unsplash Samuele Errico Piccarini
Ilustrasi Doa Perjalanan Jauh, Sumber Unsplash Samuele Errico Piccarini

Menjelang Hari Raya Idulfitri, banyak umat muslim di Indonesia yang mudik ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga. Supaya perjalanan mudik membawa berkah, umat muslim bisa membaca doa perjalanan jauh.

Doa ini dapat dibaca sebelum perjalanan mudik dimulai. Orang tua pun bisa mengajak anak-anak untuk turut membacanya.

Bacaan Doa Perjalanan Jauh

Ilustrasi Doa Perjalanan Jauh, Sumber Unsplash Why Kei
Ilustrasi Doa Perjalanan Jauh, Sumber Unsplash Why Kei

Mudik adalah tradisi di Indonesia yang dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini dilakukan dengan cara pulang ke kampung halaman saat libur Lebaran tiba. Mudik sendiri merupakan singkatan dari "mulih dilik" yang artinya pulang sebentar.

Sebelum menjalani mudik, umat muslim sebaiknya membaca doa perjalanan jauh. Harapannya, perjalanan tersebut dapat membawa berkah serta umat muslim yang menjalaninya senantiasa dilindungi oleh Allah swt.

Doa ini sendiri terdiri dari berbagai macam dan bisa dipilih oleh umat muslim. Berikut salah satunya untuk memudahkan perjalanan yang berasal dari Nabi Muhammad saw menurut kemenag.go.id.

Allāhumma bika asta'īnu, wa 'alaika atawakkalu. Allāhumma dzallil lī ṣu'ūbata amrī, wa sahhil 'alayya masyaqqata safarī, warzuqnī minal khairi mim mā aṭlubu, waṣrif 'annī kulla ṣyarr, rabbiṣ-raḥlī ṣadrī wa yassir lī amrī.
Artinya: "Ya Allah, kepada-Mu aku memohon pertolongan dan kepada-Mu aku berpasrah. Ya Allah, ringankan kesulitan pada urusanku, mudahkanlah kendala perjalananku, karuniakanlah kebaikan bagiku melebihi apa yang kuminta, palingkanlah segala keburukan dariku. Tuhanku, lapangkanlah hatiku dan mudahkanlah urusanku."

Selain itu, ada juga doa untuk bepergian jauh menurut Hadis Riwayat Muslim. Berikut bacaannya menurut buku 101 Pesan Rasulullah untuk Anak Saleh, Wulan Mulya Pratiwi (2017: 102)

Allahuma hawwin 'alaina safarana haadza, wathwi 'anna bu'dah. Allahuma anta shaahibus safari wal khaliifatu fil maali wal ahli
Artinya: "Ya Allah, permudahlah perjalanan kami ini, dan jadikanlah perjalanan yang jauh terasa dekat. Ya Allah, Engkaulah teman dalam bepergian dan yang mengurusi harta dan keluarga (yang ditinggal)."

Baca juga: Jalani Ramadan dengan Semangat Terus Jadi Baik bersama kumparan

Demikian dua macam doa perjalanan jauh yang bisa dibaca oleh umat muslim saat mudik nanti. Semoga umat muslim bisa selamat sampai tujuan saat menjalaninya. (LOV)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post