Pengertian dari Ide Pokok pada Suatu Bacaan dan Contohnya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian dari Ide Pokok pada Suatu Bacaan dan Contohnya
Apr 22nd 2024, 20:35, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan pengertian dari ide pokok pada suatu bacaan. Sumber: matias north/unsplash
Ilustrasi jelaskan pengertian dari ide pokok pada suatu bacaan. Sumber: matias north/unsplash

Dalam materi mata pelajaran Bahasa Indonesia, biasanya ada pertanyaan yang meminta untuk jelaskan pengertian dari ide pokok pada suatu bacaan. Pertanyaan tersebut memiliki tujuan untuk menuntut siswa memiliki kemampuan menentukan ide pokok bacaan.

Bagi siswa, kemampuan menentukan ide pokok bacaan berguna untuk memahami suatu bacaan dengan cepat. Soal-soal dalam ujian mata pelajaran bahasa Indonesia juga sering menggunakan teks bacaan sebagai sumber informasi dari pertanyaan yang diberikan.

Jelaskan Pengertian dari Ide Pokok pada Suatu Bacaan!

Ilustrasi jelaskan pengertian dari ide pokok pada suatu bacaan. Sumber: clay banks/unsplash
Ilustrasi jelaskan pengertian dari ide pokok pada suatu bacaan. Sumber: clay banks/unsplash

Menjawab pertanyaan yang meminta untuk jelaskan pengertian dari ide pokok pada suatu bacaan. Mengutip buku Siap Menghadapi Ujian Nasional SMA/MA 2009 Bahasa Indonesia Program IPA/IPS, Sumi Winarsih dan Sri Wahyuni (2008):

"Pengetian ide pokok bacaan adalah pernyataan yang menjadi inti pembahasan atau inti permasalahan dalam sebuah bacaab paragraf. Ide pokok bacaan disebut juga gagasan utama atau ide utama. Dilihat dari wujudnya, ide pokok bisa berupa kalimat tunggal ataupun frase."

Ide pokok biasanya terdapat dalam kalimat utama/kalimat pokok/kalimat topik. Kalimat utama merupakan kalimat yang pernyataannya paling umum dalam setiap paragraf.

Dilihat dari segi tempatnya, kalimat utama paling banyak berada pada awal (deduktif) atau akhir paragraf (induktif). Walaupun tidak banyak, ada juga kalimat utama yang terletak di awal dan akhir (campuran), atau menyebar di seluruh kalimat dalam paragraf (deskriptif).

Rangkaian ide pokok dapat disusun menjadi rangkuman atau ringkasan. Namun, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam membuat rigkasan, yaitu ringkasan sebaiknya menggunakan kalimat tunggal.

Dalam ringkasan, kalimat yang panjang hendaknya diringkas menjadi frasa, dan frasa menjadi kata. Kemudian ilustrasi, contoh, deskripsi, dekorasi, atau yang lain dapat dihilangkap kecuali yang dianggap perlu dan penting.

Contoh pembahasan ide pokok pada suatu bacaan adalah sebagai berikut:

Menyulap Barang Bekas Jadi Hasil Karya
Daur ulang adalah kegiatan mengolah kembali barang-barang yang tidak terpakai menjadi karya yang baru. Barang bekas yang dapat didaur ulang, di antaranya botol minuman, koran, dan kain perca. Daur ulang dilakukan untuk mencegah banyaknya barang yang dibuang percuma.
Banyak manfaat dari kegiatan mendaur ulang barang bekas, salah satunya bisa meningkatkan pendapatan. Barang-barang kerajinan tangan hasil daur ulang bisa kita jual. Selain itu, kegiatan daur ulang barang bekas bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk anak-anak. Barang bekas yang bisa didaur ulang oleh anak-anak, misalnya koran bekas.
Ide pokok bacaan: Manfaat daur ulang kain perca
Pembahasan: Ide pokok terdapat pada kalimat pertama di paragraf kedua dalam teks. Kalimat pertama menjelaskan manfaat kain perca dapat digunakan untuk membuat boneka atau tempat penyimpanan serbaguna.

Baca Juga: Contoh Ide Pokok Paragraf dan Cara Menemukannya

Itulah uraian jawaban dari pertanyaan yang meminta untuk jelaskan pengertian dari ide pokok pada suatu bacaan. Semoga informasi tentang ide pokok bacaan ini dapat bermanfaat untuk mendalami materi bahasa Indonesia, ya. (ARD)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post