Kalori ASI dan Kandungan Zat Gizi Lainnya yang Penting untuk Bayi - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kalori ASI dan Kandungan Zat Gizi Lainnya yang Penting untuk Bayi
Apr 16th 2024, 20:43, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Kalori ASI, Sumber Unsplash Aditya Romansa
Ilustrasi Kalori ASI, Sumber Unsplash Aditya Romansa

ASI atau Air Susu Ibu adalah nutrisi yang diperlukan oleh bayi untuk menjaganya tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Sebelum memberi bayi ASI, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh ibu. Salah satunya adalah kalori ASI itu sendiri.

Selain kalori, kandungan zat gizi dalam ASI juga perlu diketahui. Dengan demikian, ibu bisa semakin paham akan pentingnya ASI bagi bayi.

Kalori ASI

Ilustrasi Kalori ASI, Sumber Unsplash Joshua Reddekopp
Ilustrasi Kalori ASI, Sumber Unsplash Joshua Reddekopp

Menurut Buku Pintar Merawat Bayi 0-12 Bulan, dr. Suririnah (2009: 17), ASI merupakan makanan alamiah untuk bayi. Selain itu, ASI merupakan susu terbaik karena mengandung nutrisi yang seimbang dan sempurna untuk tumbuh kembang bayi.

Dari pernyataan di atas dapat diketahui bahwa ASI adalah makanan yang baik untuk bayi. ASI pun dapat memberi energi yang diperlukan bayi untuk hidup, beraktivitas, dan tumbuh menjadi anak sehar. Hal ini disebabkan ASI memiliki kalori. Lantas, berapakah kalori ASI?

Jadi setiap 100 gram ASI terdapat sekitar 67 kkal/dL. Meskipun terlihat sedikit, namun sebenarnya kalori tersebut cukup untuk bayi selama ibu menyusui dengan jumlah dan durasi yang tepat.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa bayi yang baru lahir tidak memerlukan makanan tambahan selain ASI. Baru saat umurnya menginjak 6 bulan, orang tua bisa mengenalkan MPASI atau makanan pendamping ASI pada bayi.

Bagaimanapun juga, orang tua perlu berkonsultasi dengan dokter selama periode menyusui. Jika ASI yang dikeluarkan ternyata tidak memenuhi kebutuhan bayi, maka dokter akan melakukan cara-cara tertentu untuk mengatasinya.

Baca juga: Kalori Jagung Rebus beserta Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya

Kandungan Gizi ASI

Ilustrasi Kalori ASI, Sumber Unsplash Kelly Sikkema
Ilustrasi Kalori ASI, Sumber Unsplash Kelly Sikkema

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ASI mempunyai nutrisi yang seimbang serta sempurna untuk tumbuh kembang bayi. Hal ini diakibatkan oleh adanya lemak dan karbohidrat yang menjadi sumber kalori pada ASI. Lalu, ada juga berbagai zat gizi lainnya dalam ASI, yaitu.

  • Protein

  • Karnitin

  • Vitamin A, B, C, D, E dan K

  • Garam serta mineral lainnya

Jadi, kalori ASI adalah sekitar 67 kkal/dL yang berbentuk lemak dan karbohidrat. Selain itu, ASI juga mempunyai berbagai kandungan gizi lainnya. Seluruh kandungan gizi ini diperlukan oleh bayi sehingga ASI penting untuk diberikan kepadanya. (LOV)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post