8 Orang yang Berhak Menerima Zakat Fitrah Sesuai Hadits Nabi - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
8 Orang yang Berhak Menerima Zakat Fitrah Sesuai Hadits Nabi
Apr 2nd 2024, 21:11, by Berita Terkini, Berita Terkini

Orang yang Berhak Menerima Zakat. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Kelly Sikkema
Orang yang Berhak Menerima Zakat. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Kelly Sikkema

Zakat fitrah merupakan salah satu rukun Islam yang ditunaikan oleh setiap muslim pada akhir bulan Ramadan. Zakat akan disalurkan pada orang yang berhak menerima zakat fitrah sesuai dengan aturan yang ada di dalam Al-Quran dan hadis.

Hal ini karena tidak semua orang berhak menerima zakat fitrah hanya orang tertentu dengan tujuan agar dapat meringankan beban mereka menjelang Hari Raya Idul Fitri.

8 Orang yang Berhak Menerima Zakat Lengkap dengan Dalilnya

Orang yang Berhak Menerima Zakat. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan
Orang yang Berhak Menerima Zakat. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

Dikutip dari buku Fikih Zakat, Sedekah, dan Wakaf yang ditulis oleh Barkah, dkk (2020) zakat fitrah adalah zakat yang wajib ditunaikan oleh umat Islam yang bertujuan untuk mensucikan harta dan menyempurnakan ibadah puasa.

Ketentuan membayar zakat fitrah diatur dalam beberapa hadis nabi, salah satunya adalah hadis berikut ini.

فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعاً مِنْ تَمَرٍ، أوْصَاعاً مِنْ شَعِيْرٍ، عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى، وَالصَّغِيْرِ وَالْكَبِيْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَأمَرَ بِهَا أنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوْجِ الناَّسِ إلى الصَّلَاةِ

Artinya: Rasulullah saw telah mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha' kurma atau gandum atas orang Muslim baik budak dan orang biasa, laki-laki dan wanita, anak-anak dan orang dewasa, beliau memberitahukan membayar zakat fitrah sebelum berangkat (ke masjid) Idul Fitri (HR Bukhari dan Muslim).

Pertanyaan yang sering muncul ketika membahas mengenai zakat fitrah adalah siapa orang yang berhak menerima zakat fitrah dan bagaimana dalilnya? Dalam surat At-Taubah dijelaskan bahwa ada delapan golongan orang yang menerima zakat fitrah.

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاء وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِّنَ اللّهِ وَاللّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Artinya: Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana (QS At Taubah: 60)

1. Fakir

Fakir adalah orang yang tidak memiliki harta dan tidak memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

2. Miskin

Miskin adalah orang yang memiliki harta dan penghasilan, tetapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

3. Amil Zakat

Amil zakat adalah orang yang bertugas mengumpulkan dan menyalurkan zakat. Mereka menjadi bagian dari orang yang berhak menerima zakat fitrah.

4. Mualaf

Mualaf adalah orang yang baru masuk Islam. Mualaf juga menjadi bagian dari golongan yang berhak menerima manfaat dari adanya zakat fitrah.

5. Riqab

Riqab atau biasa dikenal dengan hamba sahaya adalah adalah budak yang ingin memerdekakan diri. Pada zaman Rasulullah Saw. masih banyak orang dengan kondisi seperti ini, tapi untuk sekarang mungkin sudah tidak ada.

6. Gharim

Gharim adalah orang yang memiliki hutang untuk memenuhi kebutuhan pokoknya dan belum sanggup membayar pada saat jatuh tempo pembayaran. Sehingga mereka perlu mendapatkan manfaat dari zakat fitrah.

7. Fi Sabilillah

Fi Sabilillah adalah orang yang berjuang di jalan Allah SWT, seperti jihad dan dakwah. Mereka berhak mendapatkan zakat fitrah.

8. Ibnu Sabil

Ibnu Sabil adalah orang yang sedang dalam perjalanan dan kehabisan bekal.

Baca juga: Pengertian, Ketentuan, dan Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah

Itulah penjelasan mengenai siapa orang yang berhak menerima zakat fitrah. Zakat fitrah adalah kewajiban bagi setiap muslim yang mampu. Dengan menunaikan zakat fitrah, kita telah membantu fakir miskin dan membersihkan diri dari dosa. (WWN)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post